Selasa, 22 Desember 2015

BELAJAR GITAR (SCALE PRACTICE) : PENTATONIC SCALE

Saya akan memberikan beberapa tekhnik dan cara belajar gitar solo (melodi) dengan santai tapi pasti.
Pertama, belajarlah skala yang umum digunakan.
Skala yang umum atau yang wajib dipelajari oleh gitaris ada 6 and "it's so easy if you want to practice everyday".. oke mari kita berlatih bersama - sama.

Pertama adalah skala Minor Pentatonic.
Jika kalian pencinta Rock 'N Roll ini skala yang cocok untuk kalian. walaupun pake Skala Blues juga lebih keren
Oke inilah skala Pentatonic

         5 Frt           
Yang paling bawah adalah senar nomor 6 dan yang saya kasih tulisan "5 frt" itu adalah Fret kelima  yang juga titik awal dari skala tersebut
cara membacanya adalah ..
jari telunjuk di senar ke 6 fret ke 5 , dilanjutkan dengan jari kelingking di Fret 8, kenapa fret 8 karena kita membaca/menghitungnya dari kiri ke kanan, kalau titik awal di fret ke 5. jadi 3 fret kedepan adalah fret 8 karena 5 + 3 = 8 hehehhe "just kidding , selanjutnya jari telunjuk turun ke senar no. 5 fret ke 5 ,lalu jari manis ke fret 7 senar sama,
selanjutnya kalian sendiri yang mengatur bagaimana pas nya hehehe..
Kemarin teman saya bertanya " kalo udah apal tu skala terus penerapanya gimana"
" Karena skala diatas saya pakai contoh di fret ke 5 kan berarti Rootnya A dan karena ini namanya pentatonic Minor berarti Rootnya ada di Am..
bisa kita simpulkan bahwa kita bisa memakai skala ini di kord Am..
Kita juga bisa meakai skala tersebut di kord C Mayor ingat..!! C MAJOR "







Hafalkan dulu 1 bentuk kalau sudah besok saya tambah bentuk bentuk dari skala pentatonic.
Kalau Am sudah lancar coba maju ke Bm atau mundur ke Gm dengan bentuk yang sama dengan gambar diatas.

Jika kalian bingung, contoh :
" terus kalau mau improve di kord D mayor saya harus pakai skala pentatonic minor apa ? "
" kalau saya mau main improv di kord C#/Db saya harus pakai skala pentatonic minor apa ? "
" kalau mau main di Em Fm F#m bagaimana ? "

Saya jawab satu per satu

1. Kalo improve di Kord D mayor ya.. gini kan diatas saya sudah jelaskan kalo pentatonic Am juga bisa Digunakan di C mayor..
ya tinggal ambil kesimpulan aja Kalo C=Am Berarti D sama dengan ...... yah betul Bm..
nyimpulinya gini C ke Am kan C-B-Bb-A ya kan mundur kan..
Kalo D berarti D-Db-C-B pokoknya 4 fret ke belakang..
NB : " INI BERLAKU UNTUK SEMUA KORD MAYOR"
Mau C C# D D# E F G G# A A# 
Saya kasih bocoran hehehehe bocoran
A     = F#m Mundur 4
A#   = Gm
B     = G#m/Abm
C     = Am
C#   = A#m/Bbm
D     = Bm
D#   = Cm
E     = C#m/Dbm
F     = Dm
G    = Em
G#  = Fm
 
2. Jawabanya ada di jawaban no.1 bocoran no. 5

3. Bentuknya sama dengan gambar cuman posisinya aja yang beda..
bentuk diatas kan kita mulai dari senar nomor 6.. ya kita cari aja root yang diimprov misal..
Senar nomor 6
Em    = 0
Fm    = 1
F#m  = 2 
Gm    = 3
G#m  = 4
Am    = 5
Dan seterusnya tahu kan kalo ngga komentar saja saya jawab..heheheh

itulah dia skala pentatonic, 5 skala lainya besok ya di posting selanjutnya yang penting ini lancar dulu kalau sudah lancar silahkan beri tahu saya hehehehe
terima kasih buat teman teman gitaris yang sudah berkunjung semoga menjadi gitaris hebat suatu hari nanti amin hahahaha
baiklah saya tutup dulu ya perjumpaan kita

"Please enjoying practice will makes you be the good slowly but surely, do not force yourself"
"Revin"                        

1 komentar:

  1. Guitar Master (Office Lesson): Belajar Gitar (Scale Practice) : Pentatonic Scale >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Guitar Master (Office Lesson): Belajar Gitar (Scale Practice) : Pentatonic Scale >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Guitar Master (Office Lesson): Belajar Gitar (Scale Practice) : Pentatonic Scale >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK ni

    BalasHapus